Pages

Saturday 20 October 2012

Motor Pengering Mesin Cuci Tidak Berfungsi



     Kali ini yang saya bahas adalah mesin cuci tipe dua lubang yang memiliki dua motor terpisah. satu motor biasanya digunakan untuk bagian pencuci dan satunya lagi digunakan untuk motor pengering. Apakah anda pernah mengalami masalah pengering mesin cuci yang tidak berfungsi. Jangan langsung berpikir bahwa motornya lah yang rusak ya karena banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa motor pengering tidak berfungsi.

Cek Kabel Dan Kelistrikan


     Pemeriksaan wajib dilakukan agar menemukan masalah sebenarnya. pemeriksaan secara berurutan dan teratur tentu akan lebih dapat menghemat waktu dan tenaga. Yang paling pertama kali harus dipastikan adalah sumber listrik. apakah ada power yang masuk ke motor pengering. Bagi yang sudah pernah belajar kelistrikan mungkin tidak terlalu sulit untuk mengukur arus listrik dan tegangan yang masuk ke motor. Bagi orang awam mungkin bisa di cek secara manual apakah ada kabel yang putus atau tidak. tetapi untuk lebih jelasnya tetaplah harus diukur arus listrik dan tegangannya.

Cek Kapasitor


     Setelah dipastikan sumber listriknya, maka langkah selanjutnya adalah melihat kondisi kapasitor. Biasanya mesin cuci menggunakan starting kapasitor yang berfungsi sebagai pembantu putaran awal motor. sebenarnya untuk mengetahui bagus tidaknya kapasitor cukup gampang, secara manual cobalah anda putar dengan tangan kipas pengering mesin cuci, jika setelah di putar dengan tangan mesin pengering hidup berarti starting kapasitornya yang rusak. Tapi hati-hati dengan posisi tangan anda ketika memutar kipas, karena putaran kipas cukup kencang. Secara teknik juga bisa untuk mengetahui kondisi kapasitor, cuma untuk lebih jelasnya akan saya bahas pada tulisan yang lain ya biar gak kepanjangan.

Motor Pengering Mesin Cuci


     Jika sumber listrik ada dan kapasitor bagus, berarti memang ada kemungkinan bahwa motor pengering telah rusak. ada berbagai macam sebab motor ini bisa rusak. Contohnya seperti faktor umur, faktor air yang dapat menimbulkan karat pada motor, faktor overload sehingga kumparan motor terbakar. sebenarnya motor masih bisa diperbaiki dengan cara digulung ulang kumparannya. Daripada repot-repot mikirin cara gulungnya, langsung dibawa aja deh ke tukang gulung dinamo yang pasti sudah berpengalaman dan hasilnya lebih memuaskan.

Punya Masalah Seperti Di atas Hubungi Kami Di Sini

6 comments:

Unknown said...

Asslaamalaykum bang ,..
infone manteb .. makasih ya

parmigiani y bang ,, kog nama blog xa "parma teknik"
salam dr saya LAZIALE jatim-magetan

Jay-x said...

manteeb bang

Unknown said...

saya juga ada nih artikelnya mengenai mesin cuci silahkan kunjungi service mesin cuci sidoarjo siapa tau bisa juga jadi referensi anda

Unknown said...

gan kalau masin pencucinya tidak berputar masalahnya pada bagian apa Yaaaaa ?//

Unknown said...

Klo udh di guling ytrs di pasang kaga lama di pake lsng mati atau konslet mati lampu entu knpe bang...

Unknown said...

Min,,kalau motorannya cuma dengung apanya ya min...tolong bantu,,,apa itu salah satu tanda motor rusak? apa kapasitornya ya?

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons