Pages

Sunday 21 October 2012

Kompressor Kulkas


     Kompressor pada kulkas memiliki fungsi yang sangat penting, bahkan bisa dibilang merupakan jantungnya kulkas. Kompressor berfungsi mengalirkan gas freon didalam sistem pendingin. Sistem kerja kompressor adalah dengan menghisap dan memompa gas freon sehingga bisa mengalir di dalam sistem pendingin. jadi tanpa adanya kompressor mustahil sebuah kulkas bisa berfungsi.

     Secara teknis fungsi kompressor adalah untuk mengubah tekanan. Dengan adanya perbedaan tekanan ini akan menyebabkan perpindahan gas dari sisi bertekanan tinggi ke sisi bertekanan rendah. Ketika bekerja maka kompressor akan menghisap bahan pendingin dari evaporator yang suhu dan tekanannya rendah. Kemudian bahan pendingin atau gas freon ini akan di mampatkan (dikompress) untuk di naikkan suhu dan tekanannya. Gas yang telah di mampatkan ini kemudian di tekan keluar menuju kondensor yang merupakan tempat pelepasan panas.

     Kompressor akan berhenti bekerja ketika suhu ruangan kulkas telah tercapai. Kerja kompressor sangat bergantung kepada tegangan listrik, tegangan listrik pln yang turun dapat menyebabkan kompressor kulkas tidak dapat bekerja.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons