Pages

Sunday 21 October 2012

Mengenal Sistem Kulkas Secara Sederhana


     Zaman sekarang keberadaan kulkas memang bukan barang baru. Bahkan kemungkinan keberadaan kulkas sudah jadi barang pokok dalam industri ke rumah tanggaan. Kulkas memang sangat bermanfaat, tidak hanya sebagai penghasil es batu tetapi juga mampu memperpanjang usia makanan atau bahan makanan. Suhu kulkas yang dingin memang dapat membunuh bakteri yang mempercepat kerusakan bahan makanan. Karena itu bahan makanan yang disimpan di kulkas bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan disimpan diluar.

     Kenapa Suhu kulkas bisa dingin, mungkin sebagian orang awam masih belum mengerti sistem kerja dari kulkas. Sebenarnya sistem kerja dari kulkas berakar pada hukum perpindahan kalor atau panas. Panas dalam area kulkas diserap dan dibuang keluar. ketika panas dipindahkan maka suhu didalam kulkas akan semakin turun dan semakin dingin. Tugas dari sistem pendingin lah yang memindahkan panas dari dalam kulkas ke luar kulkas.

     Sistem Pendingin kulkas sendiri terdiri dari beberapa komponen diantaranya Kompressor, Kondensor, Filter, Pipa Kapiler, Katup Ekspansi, Thermostat, Evaporator, dan gas freon sebagai media penyerap panas.  Untuk kulkas 2 pintu menggunakan sistem tambahan yaitu Defrost System yang berfungsi untuk mencairkan salju di evaporator.

Berikut adalah rangkaian sederhana sistem pendingin


Penjelasan secara sederhana : 
Gas Freon dialirkan dan dihisap oleh kompressor. Gas freon dalam bentuk gas akan di pompakan masuk ke dalam kondensor. didalam kondensor akan terjadi proses pelepasan panas sehingga wujud gas freon akan menjadi cair. dari kondensor freon akan masuk ke filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran. dari filter freon akan mengalir melalui pipa kapiler. Pipa kapiler berdiameter jauh lebih kecil dibandingkan pipa kondensor ataupun evaporator. pipa kapiler ini berfungsi untuk menurunkan tekanan freon. dari pipa kapiler freon masuk ke dalam Evaporator. Didalam evaporator, freon akan menyerap panas area dalam kulkas sehingga freon yang semulanya cair akan berubah menjadi gas. kemudian gas freon ini akan kembali dihisap oleh kompressor. Proses berulang-ulang inilah yang akan menghasilkan suhu dingin didalam kulkas.

     Selain sistem pendingin, kulkas juga tidak akan berfungsi tanpa sistem kelistrikan. Lain kali akan saya bahas kembali tentang kelistrikan kulkas ini. Untuk sementara, semoga informasi yang sedikit ini bisa memberikan gambaran tentang sistem kerja dari sebuah kulkas.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons